Tuesday 26 January 2016

Nostalgia Tontonan Waktu Kecil

Hari ini, Google merayakan hari ulang tahun ke-90 dari televisi mekanik. Kalau lo buka google, pasti doodle googlenya itu gambar  televisi yang pertama ditemuin, dan ada gambar penemunya.

Doodle Google 26 January 2016

Setelah gue googling "Siapa penemu televisi", gue dapet jawaban dari artikel di biografiku.com kalau penemu televisi pertama adalah John Logie Bair. Berikut kutipan dari biografiku.com..


"John Logie Baird dikenal sebagai Penemu Televisi. John Logie Baird lahir tanggal 13 Agustus 1888 diSkotlandia, Baird menerima pendidikan di Technical College Royal dan Universitas Glasgow. Diganggu oleh kesehatan yang buruk, dia tidak dapat ikut dalam Perang Dunia I dan akhirnya ia memilih posisinya sebagai seorang insinyur listrik. Dia kemudian memutuskan untuk menjadi seorang "amatir profesional," dan mengejar kepentingan-kepentingan yang berbeda dan menguntungkan. setelah kelelahan menyebabkan gangguan saraf, Baird memilih untuk berkonsentrasi pada elektronik, terutama setelah gelombang demonstrasi radio temuan Guglielmo Marconi dapat digunakan untuk membawa sinyal audio."

Jadi, si John Logie Baird ini pecaya, dengan proses yang sama seperti proses sinyal audio, si John bisa mengirimkan sinyal visual. Dan hasilnya, setelah BBC melakukan siaran pertama di tahun 1929, sekarang kita bisa nonton televisi buat nonton acara televisi kesayangan kita. Hebat ya orang-orang yang namanya John. Selain John Logie, orang hebat bernama John ada John Lennon, John Denver, John Mayer, dan masih banyak lagi. Kalau gue punya anak cowok, jadi kepengen kasih nama depannya John. Berhubung nama keluarga gue adalah Firdaus, kemungkinan nanti nama anak gue adalah John Daus. Biar kerenan, di modif jadi John Dawous.

Andai John Logie Baird waktu itu enggak buat televisi, mungkin gue enggak pernah nonton acara kesayangan gue pas kecil, seperti;

1. Teletubbies


Tinky-Winky, Dipsy, Laa-Laa, Poo. Eaaa kenapa bacanya sambil nyanyi? Haha. Gue nulisnya juga sambil nyanyi kok. Soalnya emang iconic lagunya. Gue inget, dulu yang nayangin tuh indosiar. Pas SD tuh gue setiap jam 10 pagi udah standby di mobil jemputan, biar mobil jemputan cepet jalan, dan gue jadi cepet sampe ke rumah buat nontonin serial ini.

2. Crayon Shin-Chan



Seluruh kotaa, merupakan tempat bermain yang indah! Itulah lagu Crayon Shinchan yang membahenol. Sayang, lagunya yang itu udah diganti. Lagu sekarang gue udah demen. Tapi gue udah enggak liat Shinchan lagi di RCTI. Mungkin karena gue bangunnya kesiangan kali ya? Entah. Tapi yang jelas, gue suka banget kartun ini kalau Shinchan udah ngelakuin hal konyol kayak bikin kesel temen-temennya, sampai hal konyol kayak ngegangguin kakak-kakak cantik. Dan tanpa kita sadari, ternyata mukanya Shinchan tuh berubah-ubah. Tapi tetep aja Shinchan enggak dewasa dewasa.

3. Doraemon



Baling-baling bambu sama pintu kemana aja adalah alat doraemon yang paling terkenal. Doraemon ini robot abad ke-22, yang ternyata di versi the movienya, doraemon ini adalah robot yang diciptain nobita dewasa. Jadi doraemon dikirim ke masa lalu buat bantuin nobita anak-anak yang suka ceroboh. Nobita dan Doraemon punya sahabat bernama Shizuka, Gian, dan Suneo. Seperti Shinchan, mereka semua enggak bertumbuh menjadi dewasa. Ohiyak, Doraemon juga punya adek namanya Dorami. Dorami munculnya jarang-jarang soalnya Dorami netapnya di rumah gue.

Kartun ini kartun paling awet yang masih bisa gue tonton sampe sekarang. Banyak cerita series dari Doraemon, yang ceritanya tuh ngebuat kita ngerasa ternyata Gian dan Suneo itu adalah sahabat Doraemon dan Nobita meskipun suka jailin Nobita. Terus kalau di indonesia, kita bakal denger suara Doraemon yang serek-serek. Ternyata yang dubbing itu ibu-ibu loh. Nah kalau denger suara aslinya Doraemon Jepang, itu bakalan lebih imut suaranya. Andai doraemon kumisnya dipotong 1 cm, pasti lebih imut.

4. Si Doel Anak Betawi



Buat yang belum tau, gue ini orang betawi. Makanya dari kecil gue udah demen banget kalau udah yang namanya nonton film betawi. Gue demen banget deh denger celotehan almarhum Benjamin S, sama Mandra. Gue juga suka kisahnya si Doel sama Sarah. Ada yang inget adegan yang ada di foto atas? Kalau gue inget adegan itu meskipun enggak detail. Jadi, ceritanya mereka mau nengokin rumah siapa gitu, yang dulunya tuh lokasinya persis di lapangan golf di atas. Jadi, ceritanya rumahnya itu udah digusur, diganti buat lapangan golf. Yang bikin kocak, babeh mereka (Almarhum Benjamin S), tau persis lokasi dimana rumahnya dulu berada. Sampe diukur pake langkah kalau gak salah. Dan pas diukur, ternyata rumahnya dulu pas sama lubang bola yang bertiang itu. Demi mengingat rumah sesepuh, akhirnya mereka berdoa tepat di tiang itu. Sumpah gue ngakak pas nonton.


Tapi tetep aja, adegan paling legendaris di Si Doel adalah adegan dimana pas Atun main terompet tanjidor. Karena pas selesai main, terompet atun itu nyangkut di badan Atun. Sampe harus dibawa ke dalem bemo buat nyari pertolongan wkwk.

Inilah wujud bemo legendaris di TV Series Si Doel

5. Komedi Tengah Malem Lativi



Hahahahahahaha. Dulu pas SD, di komplek gue gaulnya sama anak SMP juga. Jadi, suka ada gosip dari bocah-bocah kalau ada acara tengah malem yang mantep di lativi. Tapi, gue paling cuma sempet nonton sekali sampe tiga kali doang, soalnya kalau ketauan masih bangun gue disuruh tidur pasti sama bokap nyokap wkwk. Untung acara kayak gini udah enggak pernah ada di TV.


Semua acara TV bisa gue tonton, berkat penemuan dari John Logie Baird. Jadi, terimakasih banget buat John Logie Baird. Gue tulis artikel ini, karena salut sama penemuannya. Dan kita mesti inget, yang namanya acara TV, pasti ada positif sama negatifnya. Sebijak dan sewajarnya aja dalam nonton TV.

0 komentar:

Post a Comment