Sunday 24 January 2016

Aan Anak '90an: Mantan Mainan

Dunia anak kecil itu dunianya bermain. Dari mainin permainan buat individu, sampe mainin permainan yang buat dimainin rame-rame. Kebetulan gue lahir tahun 1993, dimana di jaman gue permainannya masih banyak permainan traditional, dan dimana gue masih sering dipanggil dengan nama "Aan". Udah gitu enaknya jaman gue kecil, lagu dan film di Indonesia itu ngikutin jaman gue. Pas gue kecil, ya film dan lagu-lagunya masih banyak yang diperuntukkan buat anak kecil. Ada yang namanya film plus lagunya yang legendaris. Yaitu Petualangan Sherina.

Dia pikir, dia yang paling hebat!
Terus banyak permainan traditional yang gue mainin pas dulu masih bocah. Kayak petak umpet, petak jogkok, galasin a.k.a gerobok sodor, uler naga panjang, main gundu, dan ikutan adek gue dan temen-temennya main guru-guruan (jadi guru sekolah) sampe ada konflik dengan tetangga gegara hal sepele kayak "Gue duluan yang nemuin permainan ini". Tapi yang paling gue sesalin sampe sekarang adalah, gue sampe sekarang belum bisa yang namanya naikin layang-layang disebabkan masa kecil yang ogah mainin layangan.

Cara main galasin. Foto cara main dari havban.files.wordpress.com

Gue juga seneng main futsal waktu kecil. Tapi dulu gue ngomongnya masih main bola, tapi di lapangan kecil. Saking sukanya futsal, sampe-sampe dulu pas gue pertama kalinya main futsal (di jalanan depan rumah orang karena lapangan belum ada pas 1 SD), ketika gue di test penalty karena gue nya langsung maunya jadi kiper, gue sampe merosotin tangan gue di aspal ke ujung tiang cuma demi nepis itu bola. Dulu gue suka Oliver Khan, makanya gue obsesi banget buat jadi kiper.

Selain permainan-permainan seru, pasti di rumah kita punya mainan-mainan sewaktu kita kecil. Mainan non digital ya. Kadang gue suka kangen sama mainan gue mulai dari mobil-mobilan, sampe mainan power ranger. Gue enggak punya foto mainan-mainan kecil gue gara-gara semua udah ilang entah geletakan dimana gara-gara banjir hampir seatap. Jadi, gue ambil foto-foto mainan gue waktu kecil dari google. Berikut adalah mainan-mainan gue yang hilang entah kemana.

1. Main Mainan Soldier Camp Boot Hijau

Pernah punya mainan tentara ijo seperti ini?

Ini mainan legendaris yang pernah gue punyain. Gue suka banget nyuruh mainan-mainan ini buat nolongin boneka barbie punya adek gue, yang lagi di culik sama mainan-mainan berwujud monster yang gue punya. Kelemahan mainan ini adalah ketika melawan mainan robot gue yang tingginya sepanjang kaki gue pas gue masih sekitaran 5 tahun. Robot gue itu ada tenaga batre, jadi ceritanya jadi musuh yang enggak bisa dikalahin sama soldier hijau.

2. Main Mainan Power Rangers

Mighty Morphin Power Rangers
Mainan Power Rangers yang gue punya adalah Mighty Morphin Power Rangers. Gue dapet itu gegara waktu itu bokap tau lagi seru-serunya nontonin yang seri itu. Jadi gue dibeliin deh. Gue mainin mainan Power Rangers ini buat bantuin soldier hijau yang enggak bisa ngelawan robot tinggi bertenaga batre. Dengan kehendak gue sebagai pemain dari mainan gue, akhirnya para Power Rangers bisa mengalahkan robot super kuat itu. Tapi gue inget banget, para mainan Power Rangers gue pada sering kehilangan kepala karena kepalanya gamb

3. Main Mobil-Mobilan

Miniatur Truck Molen
Kata bokap nyokap, gue waktu kecil itu pernah punya mobil-mobilan banyak, dan punya miniatur truck molen, kira-kira panjangnya seukuran bayi baru setahun kayak foto diatas. Kerjaan gue ngedudukin itu truck sambil dijalanin seolah-olah gue lagi ngebawa itu makan. Yang jelas gue masih inget fisik mantan mainan itu. Tapi mainan truck itu udah kebawa banjir Villa Nusa Indah. Dulu waktu kecil gue tinggal di bekasi.

Dan sebelum mobil-mobilan gue pada kebawa banjir, gue suka ngumpulin bocah komplek buat main mobil-mobilan yang kayak hotweels (tapi bukan hotweels) di rumah gue. Jadi, cara mainnya tuh sama kayak yang mobil-mobilan di kertas. Yang pertama-tama gambar tracknya, terus pensil di teken sampe jatoh ke depan. Kayak gini nih gamabarnya..

Track standar, belum ada bagian track lompat

Cuman bedannya, gue bukan di kertas, tapi di lantai. Jadi untuk pinggiran tracknya, gue susun berbaris berbentuk tracknya pake pensil, pulpen, dan pensil warna. Dan nanti mobil-mobilannya disentil. Nanti kalau kena pinggiran track, berarti mobil itu berhenti disitu dan dilurusin lagi. Dan kalau kena pinggiran berarti harus ganti giliran. Serunya itu ada diseberapa besar power yang harus digunakan buat nyentil itu mobil. Paling seru kalau udah buat track yang nanjak keatas, dengan ngakalin pake triplek yang ditadah kotak mainan. Nah, biar mobil yang disentil bisa nanjak naik keatas, sela antara triplek dengan lantai gue akalin dengan cara di isi celah itu pake kertas karton buffalo yang udah digunting sesuai lebar triplek, lalu diselotip biar nempel. 

4. Main Tamiya

Vanguard Sonic

Ada yang enggak pernah main tamiya? Berarti lo kudu beli. Gak usah dikulik dinamonya, setidaknya lo wajib menyentuh tamiya gitu buat ngerasain sensasi megang tamiya. Dulu, pas temen-temen gue pada punya tamiya yang dinamonya pada dikulik sampe kalau balapan tuh enggak keliatan, gue cuman ngoleksi tamiya dengan body utuh. Karena menurut gue lebih enak diliatnya. Dulu yang gue punya itu Vanguard Sonic, Beak Spider, dan Neo Tridagger ZMC. Gue nyesel enggak beli Victory Magnum. Yang jelas, gue enggak beli yang merknya Tamiya karena you know lah.. Harganya 100ribuan. Gue cuma sanggup beli yang merknya disekitaran 15-20ribuan aja hehe.

5. Remote Control Michael Schumacer

Remote control tooooop!

Yang paling gue sesalin adalah kehilangan mainan ini! Remote control F1! Wujudnya gak jauh berbeda sama foto yang diatas. Mainan yang satu ini begitu menggoda waktu gue untuk selalu mainin dia. Sampe-sampe gue pernah mainin ini ke lapangan karena yang lain pada bawa remote control juga. Remote control yang gue punya paling kecil. Yang lainnya pada gede berbentuk mobil sedan, dan gue yakin mahal. Gue yang ada aja deh, meskipun kecil dan ceper tapi gue suka. Alhasil setelah main dilapangan, pas gue elap-elap remote control gue, ternyata bagian bawahnya pada baret-baret karena terlalu ceper, dan permukaan lapangan agak enggak rata.

Lalu sampailah kepada masa dimana gue gatel buat modifikasi rempte control gue. Kalau orang-orang mah biasanya modif mesin remote controlnya, gue malah disibukkan dengan modifikasi body remote control. Gue mulai beli pilok item dan mulai nyopotin sticker-sticker di remote control F1 gue. Mulailah milok. Dan hasilnyaaaa...... AMBUL RADUL! Mulai sejak itu kerjaan gue cuman ngakalin body terlihat bagus. Dan pada akhirnya, yang ada remote control gue malah keliatan jelek dan ambur adul. Lama-lama gue males mainin, terus akhirnya entah kemana remote control itu hilang dari hidup gue. Jadi remote control ini hilang bukan karena banjir, tapi karena kebodohan gue. Sumpah gue pas nulis tulisan ini, gue jadi inget dan nyesel enggak ngerawat remote control satu ini.

Berganti Ke Era Gue Main Mainan Digital

Setelah eranya mainin mainan yang berbentuk fisik, gue mulai mainin tamaguchi dan digivice yang mulai ngarah ke era-era digital. Malah gue pernah sampe main digivice di lapangan blok komplek lain sampe diusir. Soalnya di lapangan blok lain ada prosotan dll, jadi gue sama temen-temen bisa kayak saling ngumpet gitu. Nanti pas udah saling ketemu, baru deh saling nempelin digivice dan mulai bertarung digivice dengan dikocok bareng-bareng! Kocoknya yang positif ya.

Ini dia Digivice yang suka ngelatih kita buat ngocok tanpa tujuan yang jelas

Udah gitu setelah tamaguchi dan digivice, gue juga dibeliin sega. Saat itulah gue mulai beralih ke mainan digital hingga akhirnya gue main ke PS 1, dan akhirnya sampai sekarang gue kecanduan main game PC yang grafiknya mulai mendekati real. Sejak bermain Sonic di Sega lah, yang membuat gue mulai melupakan mainan-mainan gue sewaktu kecil. Jadi, alasan kenapa gue enggak mencari-cari mainan gue yang hilang karena banjir ketika itu, adalah karena gue sudah mulai beralih ke permainan digital. Itulah beberapa dari mainan gue pas kecil. Ada yang inget mainan non-digitalnya pas kecil dulu? Andai di jaman gue kecil udah megang handphone berkamera, pasti udah gue foto-foto mainan gue, dan gue simpen buat dijadiin kenangan kecil gue.

By the way, Chelsea FC udah mau kick off nih lawan Arsenal. Semoga Chelsea terus menang tanpa kalah dan seri, terus pelan-pelan posisinya naik keatas. Amin! #KTBFFH

0 komentar:

Post a Comment