Wednesday 20 January 2016

Mau Bertanya Nggak Sesat Di Jalan

Pernah gak, lo nonton film yang ngide banget semacem film inception, terus pada akhirnya elo enggak ngerti maksud cerita dari film itu apa? Jalan terakhir yang lo ambil biar ngerti, pasti kalau engga nanya engkong google soal review, lo pasti nanya ke orang yang udah nonton film itu. Dan biasanya itu nanya ke temen atau saudara. Nanti kalau ada yang bisa jelasin, elo jadi ngerti deh maksud film itu. Nanya itu penting kan kalau lo itu mau tau sesuatu? Kepo lo bisa ketolong cuma gara-gara nanya.

Untuk urusan film mungkin lo enggak malu nanya, karena konteksnya masih nanya temen atau saudara lo. Tapi yang gue enggak habis pikir itu adalah orang yang malu nanya jalan. Kenapa mau nanya jalan aja malu? Padahal "yang malu nanya" itu lagi kesasar, entah lagi kesasar di bulu ketek siapa. Tenang, orang yang lo tanya ngerti kok bahasa lo. Tenang, nanya jalan tuh enggak bakal ngebuat lo berubah jadi deodorant kok. Kebanyakan tuh orang-orang Indonesia ramah kalau ditanya jalan. Ya kecuali lo nanya pas tengah malem ke tukang begal.

Gue pernah pas lagi ke Bandung bantuin adek cewek gue pindah kostan, gue sama adek gue pergi buat nyari kue cubit rasa green tea malem-malem setelah selesai pindahan. Sebenernya selesai pindahan itu sore. Tapi sore gue anterin adek gue ngeprint gambar dulu.

Perjalanan ngeprit dan menuju tukang kue cubit
Setelah ngeprint gambar cukup lama sampai matahari mulai terbenam, berangkat lah gue dan adek gue ke tukang kue cubit green tea. Adek gue waktu itu lagi ngiler banget kue cubit green tea, tapi gak tau pasti dimana tempat abang-abang kue cubit green tea itu berada. Dengan modal nekad, gue sama adek gue ke patokan jalan yang adek gue udah tau dulu. Nanti pas udah buntu, baru deh nanya sama orang. Dan pas udah buntu, gue nyari orang yang bisa gue tanya. Kebetulan waktu itu yang ada tukang parkir. Yaudah gue parkir mobil di pinggir jalan dan nyamperin itu tukang parkir.

Tukang parkir satu ini bukanlah tukang parkir sembarangan. Tukang parkir yang waktu itu gue temuin adalah tukang parkir yang terlihat killer. Karena gue tau profesi orang itu apa, dan karena gue liat masih cukup banyak mobil-mobil parkir di bahu jalan restaurant, jadi gue beraniin diri buat nanya ke tukang parkir itu. Lagipula gue udah beli voucher kamehameha di counter pulsa buat jaga-jaga kalau ada orang macem-macemin gue. Pas gue jalan mendekat, tukang parkir itu malah ngebelakangin gue. Dan ketika gue tepok bahunya dan bilang, "Permisi kang, mau nanya jalan" dengan seksama gue melihat gerakan berputar arah tukang parkir itu. Tiba-tiba tukang parkir itu senyum dan ngomong "Mau kemana kang?".

Iyak, senyuman dapat menebarkan positif, seperti seorang teman yang senyum di depan padahal di belakang ngejelekin. Senyuman itu membuat gue ngerasa salah nilai. Ternyata tukang parkir itu baik. Setidaknya di depan gue. Pokoknya udah jelas, kalau kita nanya jalan orang enggak bakal diomelin kok. Tukang parkir itu pun nunjukin jalan dan ternyata lokasi sudah dekat. Gue ucapin terimakasih, dan balik ke mobil. Baru masukin persneling ke gigi satu, kaca mobil gue di ketok-ketok. Ada temennya tukang parkir yang tadi nyamperin gue. Pas gue buka kaca, doi ternyata cuma ngasih tau ulang jalannya persis kayak perkataan tukang parkir tadi. Jadi, tadi temennya tukang parkir itu lagi duduk di warung rokok sambil ngedengerin omongan gue sama si tukang parkir. Iya gue ngerti tujuan utama temennya tukang parkir itu ngetok-ngetok. Uang parkir. Gue kasihlah itu uang parkir, dan gue pun diizinkan cabut.

Gue sama adek gue excited banget buat ngelahap kue cubit green tea. Gue juga jadi ngiler setelah dikasih liat foto ini..

Green tea plus kitkat, siapa coba yang enggak ngiler? Ya yang gak suka green tea enggak bakal ngiler sih

Yang bener aja, pas sampe di lokasi kita liat ternyata tempat kue cubitnya udah tutup. Serius deh gue enggak boong, yang namanya udah ngiler tapi enggak kesampean itu rasanya kayak lo bangun dari mimpi pas mau ke bagian enak gara-gara terlalu excited. Nah pas lo bangun waktu lagi enak-enaknya mimpi, itu tuh yang gue rasain waktu itu. Harapan makan kue cubit green tea patah begitu saja, serapuh Tor* Tor* Cheese Cracker.

Tapi setidaknya gue bersyukur, gue bisa sampe ke tempat tujuan berkat enggak malu nanya jalan sama orang. Coba kalau gue nyasar, udah nahan ngiler kue cubit green tea, terus bisa aja besoknya gue bikin panik orang tua karena kedua anaknya yang unyu ini ngilang di bandung. Kan jelas lebih baik nanya biar gak nyasar. Gak usah malu nanya jalan. Karena enggak kesasar gue juga jadi tau kalau tempat kue cubit green teanya udah tutup. Daripada enggak tau sama sekali kalau tempatnya itu tutup. Ibaratnya lo mendingan tau kalau lo itu diselingkuhin, daripada lo diputusin gak tau kenapa padahal dibelakang lo pacar lo selingkuh.

Ada yang penting juga nih, kalau ada yang nanya jalan, jawab yang pede. Jangan malu-malu jawabnya. Entar orang yang nanya jadi percaya gak percaya sama elo. Contohlah gue. Waktu itu di Depok Dua gue abis beli pulsa sepulang dari rumah gebetan (lebih jelasnya gebetan yang ujungnya gak ngerespon gue), ada yang nanya ke gue jalan ke Cibinong yang lurus apa ke kanan. Dengan pede dan tegas gue jawab pertanyaan orang itu! "Maaf mas, saya tidak tahu daerah sini. Coba tanya orang yang disana". Gue menunjuk orang lain. Setidaknya gue tegas kalau gue jujur hehe. Maklum, gue kan manusia. Pasti banyak enggak taunya.

Terus, apa dong yang paling jago ngejawab pertanyaan kita? Yang jago ada, selain yang pasti tuhan yang maha esa dan orang tua, adalah Bank BNI!

Sekarang, pertolongan Go-Online juga loh!

MAKSUDNYA APAAN NIIIIH?

Wetseh, woles tong. Bakal gue jawab. Jadi ini sangat berguna buat lo nanya-nanya ke BNI soal fashion, hotel, travel, resto, sampai semua tentang penggunaan BNI hanya dengan sebuah hastag. Hastagnya #AskBNI. Jadi ini bakal ngebuat nasabah BNI ngerasa tertolong banget. Udah gitu baek lagi BNI. Ini bisa digunakan enggak cuman buat nasabah BNI. Kurang baek apa coba tong? Babeh lagi ngomong nih, dengerin. Udah gitu kalau lo mau cari tempat makan, gak bakal ada kejadian kayak gue lagi, karena BNI akan ngebantu lo soal resto lewat DM Twitter.

WOAAAAAAAAAH! TERUS GIMANA CARANYA BEH???

Oi tong, sopan dikit kenapa nanya nya!

Iya beh maaf. Terus, bagaimana ya beh cara saya untuk menggunakan pertolongan dari BNI itu beh ganteng?

Sok manis lu tong. Tapi thank you bilang gue ganteng. Seperti kata presenter-presenter kuis yang "Caranya mudah sekali". Iya, mudah banget tong. Gini nih caranya..

1. Yang pasti lo harus punya Twitter dulu. Tau twitter kan? Pokoknya kalau udah punya twitter, lo harus follow @BNI46

2. Untuk info pemakaian, kirim Direct Message ke Akun Twitter @BNI46 mencantumkan hastag #AskBNI. Nanti dibalesin sama adminnya dengan seneng hati. Tapi jangan dimodusin tong.

3. Cara Penggunaannye : (Kirim Direct Message) #Promo (spasi) #[Keyword] contohnye:
a. #Promo #Hotel
b. #Promo #Travel
c. #Promo #eCommerce

Biar tau semua Keyword Promo, kirim DM ketik: #HelpPromo
#AskBNI (spasi) #[Keyword] contoh:
a. #AskBNI #Taplus
b. #AskBNI #TaplusBisnis
c. #AskBNI #DebitCard

Dan kalau lo kepo pengen tau semua keyword, kirim aja Direct Message ke @BNI46, ketik: #HelpBNI

Udah jelas kan? Sekarang gue mau pamit. Thanks yang udah berkunjung. Dan inget, udah enggak jaman malu bertanya terus sesat di jalan. Sekarang jamannya mau bertanya, enggak sesat di jalan!

0 komentar:

Post a Comment