Monday 18 January 2016

Kangen Masa SMA

Banyak yang bilang sistem pelajaran di Indonesia salah. Karena kata orang-orang belajar di indonesia itu secara general, bukan fokus sama bidang yang diminatin. Mungkin orang pendidikan enggak fokus sama satu bidang biar kita punya opsi bidang yang banyak untuk karir kedepan.

Gue enggak paham cara nanganin pendidikan. Pokoknya gue serahin ke yang ahli deh. Yang jelas gue saranin kalau pas SMA tuh enggak dibuat seolah para murid cuma ngincer nilai, melainkan ngincer ilmu. Karena gue sendiri ngerasa ngincer ilmu cuma pas kuliah aja. Pas SMA cuma nyari nilai biar naik kelas, dan parahnya gue cuman ngincer bel istirahat ataupun bel pulang.

Banyak hal pas SMA yang gak bisa gue dapet di bangku kuliah. Misalnya, pas SMA gue masih bisa ngedenger instruksi "Bersiiiap! Mem beri saaa lam!". Dan sekelaspun teriak memberi salam. Ngangenin aja teriak kayak gitu. Terus kalau pas SMA tuh gue bisa main bola dari gumpalan kertas di depan kelas. Dan yang pasti yang paling gue inget tuh pas gue di kelas 12 IPA 5 (Karena jamannya bikin jaket kelas, jadi kelas gue punya nama yaitu Twiencefively). Gue serta beberapa anak IPA 5 mainan petak umpet di kelas.

Jadi, waktu itu hompimpa dulu siapa yang jaga. Dan gue sama satu temen gue hompimpa sisi hitam. Tapi yang jaga tetep temen gue. Soalnya kata bocah yang lain, gue putih (soalnya kulit gue putih). Agak rasis sih haha. Terus setelah hompimpa alaium tuyul, dimulailah permainan. Pertama gue ngumpet dibalik papan tulis. Tapi gue rasa bakal ketauan kalau ngumpet dibelakang papan tulis. Baru beberapa detik di belakang papan tulis, gue langsung cari tempat persembunyian baru sambil cengengesan. Iya, sambil cengengesan. Gue mulai cari akal. Dan kebetulan gue ngeliat tas gue lagi nganggur. Yaudah gue ambil tas gue yang kebetulan isinya kosong (karena gue males bawa buku), gue angkat tas itu, dan gue masukin kepala gue ke dalem tas buat nutupin muka gue. Gue masih berdiri dengan keadaan kepala ketutup tas. Biar enggak ketauan, sambil ngintip ke bawah lewat celah tas, gue cari spot biar gue enggak keliatan. Gue memutuskan tiduran di belakang kelas tepat dibangku pojok, dan hanya menonjolkan kepala gue yang ketutupan tas sembari nyembunyiin badan gue dibelakang bangku. Mau upload videonya, tapi koneksinya bapuk banget nih kayak kancut yang nutupin jemb*ut. Nih screenshot cara gue main ngumpet..

Strategi pertama: Ngumpet di belakang papan tulis
Strategi kedua: Tutupin muka dengan tas
Langkah selanjutnya, gue ngumpet dibelakang bangku, tapi kepala yang ditutupin tas nongol
Pada akhirnya ketauan juga
HOAH SUMPEK! Akhirnya gue melepas tas dengan segera karena gue kekurangan oksigen!
Terus pas kelas di 11 IPA 3, gue pernah bantuin tugas praktek bahasa inggris temen. Waktu itu gue diminta jadi Justin Bibir yang lagi diwawancarain pake bahasa inggris. Sampe ngeparodiin omongan "terimakasih" ala Justin Bieber. Terus gue pura-pura salah ngomong nasi goreng, jadi nasi goring. Rencananya mau upload videonya juga. Seperti biasa, karena koneksi jadinya cuman bisa ngasih screenshot..

Yang tengah gue jadi bieber. Kiri Briyan, kanan Penjang. Sumpah ini batik dipake sekali dalam seminggu kok

Banyak kejadian seru yang kejadian pas SMA. Gue rasa lo pada ngerasain yang sama. Dari dihukum sekelas gegara mainan kartu uno doangan. Yang disuruh masukin baju, disuruh cukur rambut, sampe masalah warna kaos kaki. Ngelanggar aturan sambil ngindarin guru killer itu ada rasa seru tersendiri.

Gue juga kangen temen band pop punk gue waktu SMA. Nama bandnya Sound and Wind. Gue gitaris tapi enggak punya gitar elektrik. Udah gitu band gue udah masuk album kompilasi, tapi enggak pernah manggung. Terus di album nulis nama anggota band yang ternyata doinya enggak bisa ngeband bareng. Jadi akhirnya band gue enggak pake synth. Suka senyum sendiri ngingetnya.

Band gue yang Sound and Wind. Foto bandnya di kuburan cina wkwk

Belum lagi, gue kangen jaman gue ikutan ekskul. Dulu gue ekskul taekwondo dan di ekskul itu banyak banget kenangannya kayak pas semacem jurit malem di hutan pramuka cibubur. Terus gue pernah ngikut-ngikut ngumpul anak PMR gegara suka sama kakak kelas wkwk. Di taekwondo, gue pernah cinlok sama satu orang. Sampe-sampe pernah jadian sebulan. Doi sempet kesel sehabis putus, tapi ujungnya mah masih temenan kok.

Ini pas Demo Ekskul. Ada mantan gue di frame foto ini, yang pake baju tekon. Yang mana bisa tebak gak?

Terus gue pernah dapet tugas Agama bikin film pendek yang punya pesan moral. Jadi kelompok gue bikin cerita ada orang dompetnya kecopet sama orang gila. Nah kita sebagai orang tabah harus mengikhlaskan karena kalau ikhlas, takdirnya berjalan tapi dapat berkah. Kalau gak ikhlas, takdir kecopetan tetep berjalan, tapi enggak dapet berkah. Kan jadi jelas, mendingan ikhlas. Dan yang perlu lo tau, yang menawarkan diri jadi orang gilanya itu adalah.... Gue. Gue dengan bangga memerankan peran jadi orang gila. Dan di scene akhir, ada gue yang kaget karena dompet yang gue ambil itu enggak ada isinya sama sekali. Nih ekspresi kaget gue di film abal-abalan itu..

Pas nonton video ini, gue baru sadar kalau ternyata gue dari SMA ketawanya udah suka "Ahihi" kayak Bernard Bear

Aduh, di SMA itu banyak kejadian konyol. Suasana di kelas, lapangan, atau kantin sekolah udah enggak bisa gue rasain. Sampe-sampe gue pernah berharap ada reunian dengan suasana bener-bener lagi sekolah tapi cuman istirahat doang keadaannya. Terus disediain bikin baju SMA lagi biar dapet feelnya haha. Tapi yang namanya beranjak dewasa, harus terus maju kedepan yang mempunyai tujuan, seperti air kencing yang maju mencari lubang WC. Pokoknya, sukses semuanya!

Ohiyak, jangan sampe masa sekolah terlalu dihabisin buat pacaran. Gue kadang suka nyesel, dulu lebih sering luangin waktu buat pacar daripada temen. Nongkrong-nongkrong di luar sampe malem dan nginep-nginep kayak pas kuliah gini, enggak gue rasain pas SMA. Dulu ibaratnya gue ke tongkrongan orang cuman kayak numpang nama doang biar setidaknya  gue punya kenalan jadi banyak temen. Serius deh, banyak temen tuh bagus, tapi harus punya sekumpulan temen yang kayak keluarga juga, biar lo ngerasain susah seneng itu bareng temen. Sekali lagi, sukses ya bor-bor seperjuangan!

1 comment: