Wednesday 16 September 2015

Kuliah Musik

Ngampus, ngampus, ngampus. Yap. Gue ini perjaka berumur 21 tahun. Umur-umur gue ini lagi sibuk-sibuknya kuliah karena lagi tingkat akhir dan persiapan wisudaan. Tapi faktanya.. gue masih semester 4. Jadi gue sempet kuliah arsitek 3 semester sebelum akhirnya gue pindah kuliah audio engineer di imi, kampus musik dibilangan jakarta timur. Itu juga gue ngambek dulu minta pindahnya. Gue ngambek bakal keluar rumah pake kancut diluar celana kalau gak diizinin pindah. Bentar, jakarta timur itu bilangan ya? bilangan setelah angka berapa? Satu? Dua? Tiga?

Balik ke cerita, jadi pas januari 2014 gue pindah ke imi. Imi itu bukan ikatan motor indonesia ya, imi itu institut musik indonesia. Tapi kampus gue itu sekarang berubah nama jadi SOCA edu. Kepanjangan dari School of Creative Art. Gue sekarang lagi jalan di semester 4 perkuliahan. Di semester 4 ini gue sibuk dengan.. menjelaskan kenapa gue masih semester 4. Sebagai contoh, gue pernah ketemu temen-temen gue pas SMA ketika makan di Richeese depok. Gue lagi berduaan sama temen cowok. Cowok bukan homoan. Ketika buka pintu dan jalan beberapa langkah, ada yang manggil "pakcol!". Pas gue nengok ada segerombolan temen SMA gue yang sampe sekarang awet banget perkumpulan arisannya. Cewek 5, cowok 1. Oke, dipanggil pakcol. Gue samperin dong. Biasa, nanya kabar sambil salaman. Yaudah ngobrol bentar sama mereka. Temen yang barengan gue nunggu di depan kasir Richeese.

Gue: "Halo apa kabar?" *nada datar, muka pelo*

Salah satu dari temen-temen: "Baik-baik kok kita, lo?"

Gue: "Hmmm kalau gue lagi kurang baik sih. Soalnya kemaren gue abis mimpi foto bareng sama si Tatank Galaw, seleb di timeline line gitu. Pas gue mau liat hasil fotonya, eh gue kebangun dari mimpi gegara alarm! *suara mulai emosi, tapi tatapan mata tetep kosong* Kan kesel. Belum sempet liat hasil fotonya. Seharusnya sebelum bangun gue liat hasil fotonya dulu di mimpi itu, terus tunggu sampe gue update di instagram dan nunggu pada comment lucu. Baru deh boleh bangunin gue!. Sebel!" *klepek-kelepekin tangan, goyangin badan kanan kiri sambil teriak AAAAA dengan suara datar, tatapan kosong*

Temen-temen: *ngelongo*
Gue: Hahahahaha *mulut doang yang gerak*
Temen-temen: *mulut nganga*
Gue: Haha ha ha *tetep mulut doang yang gerak*
Temen-temen: *tatapan tambah kosong*
Gue: Ha *suara ketawa udah abis, tapi tetep nganga ketawa* *tatapan kosong* *abis itu nelen ludah* *ikut pelo* *gue jagonya pelo*

*Hening semenit*

Clap! Gue tepuk tangan dan ganti topik. Mulai deh nanyain kuliah mereka. Mulai bahas lulus... mereka D3 udah pada lulus dan bulan depan mereka wisudaan. Mereka nanya balik deh gue gimana. Ya gue jawab masih semester 4. Pada nanya kan kok masih semester 4. Gue jawab soalnya pindah kuliah. Terus diceletukin deh, lagi pada semester ganjil masa guenya semester genap? Jadi, di kampus gue itu nerima mahasiswa baru di semester ganjil dan genap. Jadi setahun dua kali ada mahasiswa baru. Gitu.

Gue: "Eh, gue balik ke temen gue dulu ya"
Temen-temen: "Oh iya iya."
Salah satu dari mereka (cewek), sebut saja melati, ngomong agak keras "Salam ya buat pacar sejenis lo yang nunggu disana"

*Gue hening semenit*
*Merekanya ketawa semenit*
*Semenit kemudian gue senyum dikit ke mereka*
*Balik badan*
*Jalan kaku hampirin temen yang tadi barengan gue. Ya. Yang dibilang homoan gue*

Gue balik ke temen barengan gue deh. Pas gue balik ke temen barengan gue tiba-tiba dia berubah gaya jadi ala-ala om Jerami Tete dengan kera kemeja dikeatasin, kancing bagian dada dibuka, dan sambil sewot tereak kenceng..

"Yey pacar macam apa? Abis ninggalin eke sendirian buat mereka *nunjuk lentik ke arah temen-temen gue yang tadi*, sekarang balik lagi ke eke?! huh! Sebel! Emangnya eke cewek murahan!"
*Hening*
*Hening*
*Hening*
*Seluruh Richeese hening*
*Gue menjeleb masuk kebawah ubin Richeese*
*Tiba-tiba muncul keatas dari ubin kamar mandi*
*Showeran*
*Masih pake flannel, kaos, celana skinny, sepatu*
*Masih kancutan tentunya*
*Nangis sambil shampoan*
"Gue bukan homoannya! Demi tuhaaaan. Gue bukan homoannya!" -Teriak gue sambil nangis.
.
.
.
*Lupakan cerita itu*

By the way. Kampus gue enak dong setahun dua kali ada anak-anak SMA baru lulus masuk kampus. Asik kan cuci mata terus tiap ganti semester. Ini nih baru minggu ketiga gue semester 4. Kayaknya sih minggu ketiga. Jadi masih fresh sama mahasiswi baru. Mahasiswi barunya ya tuh! Mahasiswi barunyaaaa.. Mahasiswi barunya itu... Cuma ada 2 orang. 2 makhluk. 2 manusia, 4 ketek, 2 udel, 4 jempol kaki. Iya, cuma ada 2 cewek. Sisanya 20an cowok semua. Udah pindah dari tekhnik tetep aja di kampus yang sekarang mayoritasnya cowok :". Udah gitu murid di kampus gue tuh dikit banget. Gue aja sekelas ada yang berenam, berempat, bahkan ada yang sendiri. Yang sendiri ya kaya major vocal.

Ngomong-ngomong major vocal, gue itu ngambil major vocal sama mas Arief Dharma. Doi jago nyanyi. Tapi tetep aja... suara gue gitu-gitu aja. Kaya suara om om lagi ngegoda tukang gojek. Pernah suata saat dosen vocal gue itu kayaknya greget sama gue karena nyanyinya tanpa ekspresi.

"Fakhran, kamu tau gak kamu kalau nyanyi gimana? Kaya gini nih"

Dosen gue pun nyontohin gue nyanyi. Mulut gue bersuara. Tapi.. Tatapan gue kosong dan gak ada seneng atau sedihnya sama sekali dari raut wajah gue. Yaampun, apa gue sepelo itu? Gue mau nangis ngeliat ekspresi gue begitu datarnya.. Tapi sekarang gue udah sadar masalah ekspresi. Semoga besok pas kelas dibilang ada kemajuan. Bukan ada yang maju loh ya.

Ngomong ekspresi, gue paling ngakak kalau liat temen gue si andita nyontohin ekspresi gue. Apalagi ekspresi dimana gue lagi ketawa. Gue tuh kalau ketawa katanya kenceng tapi lama-lama gak ada suaranya. Nah meski udah gak ada suaranya, tapi mulut gue tetep aja nganga ketawa. Tentu ketawanya dengan tatapan mata yang kosong...

Sekian dulu deh. Gue ngantuk. Pokoknya kuliah audio engineer seru kok. Gue tuh jadi orang dibelakang layar. Belajarnya ngerecord lagu, megang mixer live, mixing, bikin scoring film, scoring iklan, dll. Dosennya juga pada masih tergolong muda dan kebanyakan yang santai pake gue eloan. Yang gak serunya tuh.. dicelana pisang semua. Durennya dikit pisan. Dosen cewek juga cuma dua :(

2 comments: