Sunday 28 February 2016

Awal Semester 5 Sampai Pembajakan Karya Seni

Liburan selesai, ngampus pun udah dimulai. Dan minggu kemaren adalah minggu pertama masuk ke semester 5, dimana pelajarannya masih berisikan perkenalan silabus. Awal semester 5, gue awali dengan kesalahan gue dalam memotong rambut.

Jadi, dua minggu yang lalu, dengan nekad gue memberanikan diri untuk mempercayakan rambut gue kepada tukang cukur cebanan lagi. Gue potong rambut di tukang cukur cebanan lagi. Gue berani karena gue cuma mau potong sedikit, disasak tanpa pake mesin cukur. Ya selain faktor ngirit. Dan hasilnya adalah... kata bocah kampus rambut gue kayak jamur. Aduh kayaknya gue miss komunikasi lagi sama tukang cukurnya, soal maunya rambut gue gimana.

Karena kayak jamur, akhirnya gue nekad potong rambut sendiri pake gunting di rumah. Hasilnya adalah... rambut samping gue tetep dibilang ngembang, udah kayak polisi tidur. Akhirnya kemaren gue beranikan diri lagi buat nyukur sendiri, buat nipisin rambut samping gue. Pas ngaca sih gue udah merasa mendingan ini rambut. Jerawatnya doang yang enggak mending-mending. Gak tau deh, besok dikomen apa lagi rambut gue ini.

Awal semester 5 gue laluin dengan mood berantakan. Apalagi dokter kulit gue bilang katanya merah bekas jerawat gue enggak bisa hilang, jadi gue enggak usah maksain bolak balik. Gue ngerti maksudnya. Pasti maksudnya disana enggak ada alat secanggih di LBC dan NSC, sehingga mending ngurusin di LBC atau NSC aja. Iyasih gue cowok, tapi udah males nanggepin omongan tentang jerawat. Apalagi iklan obat jerawat sama sabun muka suka nyindir yang jerawatan kayak gue wkwk.

Belum kondisi kesehatan gue yang lagi enggak fit. Terlebih, chargeran laptop gue kemaren lusa ketinggalan di kostan sehingga di weekend kali ini, gue enggak bisa main game sama ngeblog lewat laptop. Sumpah weekend kali ini gue gabut banget, soalnya lagi gak mood kemana-mana juga.

Semester ini gue ngambil mata kuliah yang bakalan nyulitin kehidupan gue untuk setengah tahun kedepan. Mata kuliah teori musik, ear training, dan solfeggio bakal membuat semester kali ini sulit bagai mencari kutu di sisa potongan rambut yang berserakan di lantai barbershop. Pasalnya ketiga pelajaran tersebut bakal penuh sama yang namanya not balok. Pfff.

Tapi untung semester ini, kalau mata kuliah mastering, advance audio post, studio bisnis, sama legal studies semuanya lulus, artinya gue udah ngelulusin semua mata kuliah major audio production. Jadi semester kedepannya gue tinggal nyelesaiin matkul umum dan matkul non audio.

Selain karena mata kuliah advance audio production yang berhubungan dengan film, gue juga dibuat seneng sama mata kuliah legal studies. Kayaknya cuman dua mata kuliah itu yang ngebuat gue seneng ngejalanin semester ini.

Kalau legal studies tuh pelajarannya kayak lagi konsultasi, jadi enggak boring. Kemaren meskipun baru pertemuan pertama, gue udah dapet banyak ilmu. Contohnya di cafe-cafe Indonesia, membawakan lagu orang itu tanpa izin dan membayar royalti ke pemilik lagu. Padahal sebenernya ada prosedurnya, yang seharusnya ada izin dan membayar royalti. Kenapa? Soalnya memakai karya orang untuk mendapat keuntungan tanpa izin itu adalah perbuatan salah.

Kayaknya sistem di Indonesia tuh lagi bobrok ya. Dari masalah korupsi, persepakbolaan Indonesia, sampe seni kayak musik di Indonesia itu enggak beres. Tapi, semua mahasiswa di kelas legal studies (termasuk gue), sempet disindir sedikit sama dosen gue. Dosen gue menanyakan lagu-lagu yang ada di hp mahasiswa, ada yang asli atau enggak. Dan harus gue akui... semua lagu di hp gue bajakan. Iyap, ternyata bukan cuman sistem. Tapi kesadaran akan pembajakan itu emang belum ada. Bahkan orang yang kerja di seni kayak gue pun membajak. Enggak kebayang kalau nanti gue capek-capek bikin sound buat film, eh filmnya dibajak.

Tapi setidaknya gue udah punya pendirian buat mulai berhenti membajak karya orang secara bertahap. Contohnya, setidaknya gue enggak downlad pembajakan hasil karya bangsa Indonesia. Lagu dan film Indonesia, anti gue download. Kecuali kalau filmnya itu udah pernah gue tonton di bioskop. Contohnya, dulu gue pernah nonton film kambing jantan di bioskop sampe 2 kali. Tapi beberapa bulan kemaren gue kangen film Kambing Jantan, jadi gue nonton bajakannya. 

Ya setidaknya itu sih yang bisa gue lakuin untuk saat ini. Setidaknya, gue kalau download ya musik, film, sama TV seriesnya orang barat aja. Yuk ikutan pelan-pelan berhentiin pembajakan. Ceileh serius amat yak gue. Tapi pada akhirnya, gue minta maaf kepada seluruh cast dan crew film "biru" barat ataupun lokal. Gue dan banyak masyarakat pasti akan sulit buat berhenti download bajakan kalian. Sekali lagi, maaf ya. Haha!

0 komentar:

Post a Comment